May 26

Dimulainya Pengembangan Proyek Panas Bumi Muara Laboh dan Penajakan Pertama Sumur Eksploitasi

Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat – 24 Mei 2017. Pada hari ini PT Supreme Energy Muara Laboh (PT SEML) secara resmi memulai tahapan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh tahap I sebesar 80 MW yang ditandai dengan acara penajakan Sumur Eksploitasi Pertama di dalam Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Liki Pinangawan Muaralaboh, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Acara ini dihadiri oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, beberapa Pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pejabat PT...

Feb 03

SEML Raih Pinjaman US$ 440 Juta Danai PLTP

Oleh : Febrina Ratna Iskana (Kontan)

JAKARTA. PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) telah menandatangani Perjanjian Pinjaman pada 26 Januari 2017 dengan konsorsium Lembaga Keuangan Pembangunan sebesar US$ 440 juta. Konsorsium tersebut terdiri dari Japan Bank for International Cooperation, Asian Development Bank (ADB), dengan dana dari Leading Asia’s Private Sector Infrastructure Fund. Sementara inisiasi dilakukan oleh ADB, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan bank komersial yang terdiri dari Mizuho Bank, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.

Pinjam...

Feb 03

Supreme Energy Dapat Pinjaman USD 440 Juta untuk Proyek PLTP Muara Laboh

Jakarta, OG Indonesia -- PT. Supreme Energy Muara Laboh (SEML) telah menandatangani Perjanjian Pinjaman pada 26 Januari 2017 dengan konsorsium Lembaga Keuangan Pembangunan yang terdiri dari Japan Bank for International Cooperation, Asian Development Bank (ADB), dengan dana dari Leading Asia’s Private Sector Infrastructure Fund yang diinisiasi oleh ADB, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan bank komersial yang terdiri dari Mizuho Bank, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation dengan jaminan dari Nippon Export and Investment Insurance.

Pinjaman sebesar ...

Feb 03

Supreme Energy Dapat Pinjaman Untuk PLTP Muara Laboh

Petrominer, 31 Januari 2017

Jakarta, Petrominer -- PT Supreme Energy menyatakan akan segera memulai pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Muara Laboh di Solok Selatan, Sumatera Barat. Ini disampaikan menyusul ditandatanganinya perjanjian pinjaman dari sebuah lembaga keuangan pembangunan pekan lalu.

Supreme Energy melalui anak usahanya, PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML), telah menandatangani Perjanjian Pinjaman pada 26 Januari 2017 dengan konsorsium Lembaga Keuangan Pembangunan senilai US$ 440 juta. Konsorsium itu terdiri dari Japan Bank for International Cooperation...

Feb 03

Supreme Muara Laboh Dapatkan Pinjaman Bangun PLTP

Supreme Muara Laboh Dapatkan Pinjaman Bangun PLTP

Bisnis.com JAKARTA--PT Supreme Energy Muara Laboh telah mendapat komitmen pendanaan senilai US$440 juta dari konsorsium Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Asian Development Bank (ADB), dengan dana dari Leading Asia’s Private Sector Infrastructure Fund yang diinisiasi oleh ADB, Japan International Cooperation Agency (JICA).

Selain itu pendanaan juga didapat dari bank komersial yakni Mizuho Bank, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation dengan jaminan dari Nippon Export and Investment Insurance (NEXI).

...

Oct 20

Pemerintah Setujui Kenaikan Harga Listrik Supreme Energy

 

Sejumlah petugas berjaga-jaga saat "Well Testing" ML-A1 (uji sumur eksplorasi perdana) di lokasi pemboran panas bumi PT Supreme Energy Muara Labuh, Kab.Solok Selatan, Sumbar, Kamis (13/12). Pemboran sumur ML-A1 dan ML-B1 merupakan rangkaian dari pemboran 4 - 6 sumur eksplorasi untuk membuktikan adanya sumber panas bumi yang cukup untuk membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sebesar 2 x 110 MW untuk mensuplai kebutuhan listrik di wilayah Sumatera. (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)
Padang Aro, (Antara Sumbar) - P...

Feb 12

Wapres Saksikan Penandatanganan Delapan Kontrak Panas Bumi

Kamis, 11 Februari 2016 14:45 WIB | 1.385 Views

Pewarta: Kelik Dewanto

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Nusa Dua (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla di Nusa Dua Kabupaten Badung, Bali, Kamis menyaksikan penandatanganan delapan kontrak jual beli uap dan listrik dari energi panas bumi.

Penandatanganan yang turut pula disaksikan Menteri ESDM Sudirman Said, dilakukan usai Wapres membuka acara "Bali Clean Energy Forum" yang berlangsung 11-12 Februari 2016 di Nusa Dua.

Para pihak penandatangan kontrak panas bumi tersebut adalah Dirut PT Pertamina Geothermal Energy ...

Feb 12

9 Kontrak Proyek Energi Bersih Diteken

Energi Terbarukan

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan pemerintah akan menjadikan Pusat Keunggulan Energi Bersih atau Clean Energy Center of Excellence (CoE) sebagai penggerak utama program Indonesia Terang. Pihaknya akan membentuk badan usaha tersendiri yang akan menjamin penyediaan tenaga listrik dan energi baru dan terbarukan untuk dijual ke PT PLN.

“Masih ada 12.659 desa di Indonesia yang masih belum terlayani listrik PLN, bahkan 2.519 desa di antaranya masih gelap. Kami akan mendorong desa-desa ini menggunakan energi baru dan...

Dec 30

Tinjau PLTP Muara Laboh, Sudirman Said Minta Negosiasi Harga Listrik Dipercepat

Rista Rama Dhany - detikfinance- Sabtu, 28/11/2015 15:40 WIBlogofinance

Jakarta -Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh, Sumatera Barat. Proyek yang dimulai sejak kegiatan survey di tahun 2008, saat ini telah merampungkan pengeboran 8 sumur dengan temuan cadangan terbukti sekitar 80MW.

Total investasi yang dikeluarkan sudah mencapai US$ 130 juta. Pihak pengembang, PT Supreme Energy Muara Laboh, saat ini telah mengajukan renegosiasi harga jual kepada PLN karena cadangan terbukti hanya mencapai 80MW dari perkiraa...